16 Mac 2016


Pria dari komunitas Dalit, di India, dihajar gerombolan massa sampai meregang nyawa. Lelaki bernama Sankar (22) itu harus membayar kenekatan menikahi perempuan berkasta lebih tinggi dengan nyawanya.

Pengeroyokan itu terjadi siang bolong di salah satu pasar Negara Bagian Tamil Nadu. Massa secara beringas menghajar Sankar di jalan raya, tanpa peduli banyak saksi mata. Peristiwa keji itu direkam oleh CCTV dekat pasar.

Tragisnya, saat dikeroyok Sankar sedang bersama sang istri. Perempuan itu turut dihajar oleh rombongan warga, tapi kabarnya kini masih hidup di rumah sakit dengan luka serius di kepala.

BBC melaporkan, Selasa (15/3), para pelaku itu adalah keluarga mempelai perempuan. Mereka dari marga Kausalya, yang status sosialnya lebih tinggi dari orang-orang Dalit seperti Sankar.

Mertua Sankar, China Swamy, menyerahkan diri ke kantor polisi beberapa jam setelah pengeroyokan terjadi. Dia mengaku bertanggung jawab mengerahkan massa untuk menghabisi menantu yang menurutnya melanggar norma kasta.

"Apa yang dilakukan (Swamy) adalah pembunuhan untuk melindungi kehormatan keluarga," kata Vigneswaran, salah satu sepupu mendiang Sankar.

Sankar sebetulnya telah menerima ancaman pembunuhan sejak beberapa pekan lalu. Keluarga sang istri menyantroni kediaman mereka, memaksa perempuan itu pulang supaya tak lagi menikahi pria dari kalangan Dalit.

Insiden ini memicu kericuhan kecil kemarin sore. Komunitas Dalit menuntut perlakuan setara serta mendesak polisi menangkap para pelaku yang mengeroyok mendiang Sankar.

Kasus semacam ini lazim terjadi di Negeri Sungai Gangga. Strata sosial yang diatur berdasarkan kasta memicu banyak kasus pernikahan beda kelas, akhirnya berakhir dengan maut.

Tercatat ratusan pembunuhan atas nama kehormatan terjadi di India. Mahkamah Agung India pada 2011 mengumumkan orang yang sengaja merancang pembunuhan demi kehormatan harus dijerat memakai pidana maksimal hukuman mati.
0 Comments
Disqus
Fb Comments
Comments :

0 Komen:

Catat Ulasan

Lazada Malaysia

Blog Serius - Serius Beb!